Newbie 101: Belajar Digital Marketing untuk Pemula Tahun 2020

Newbie 101: Belajar Digital Marketing untuk Pemula Tahun 2020

Kini setiap orang sangat mudah untuk mengakses internet dan tahukah kamu jika jumlah penguna internet bertambah sangat signifikan seiring dengan pertumbuhan jumlah pengguna gadget di seluruh dunia.

Dalam dunia marketing selalu tentang bagaimana menyampaikan informasi secara tepat, yaitu audience dengan “minat yang tepat dan di tempat yang tepat”. Nah disinilah saluran digital sebagai penghubung antara kedua hal tersebut.

Apa itu digital marketing?

Digital marketing adalah pemasaran produk atau jasa yang dilakukan dengan “saluran digital“. Secara umum tujuan digital marketing adalah untuk menjangkau calon pelanggan sebanyak-sebanyaknya dalam waktu singkat.

Kelebihan Digital Marketing dengan Marketing konvensional

Meskipun masih relatif baru, namun sebenarnya digital marketing mempunyai banyak kelebihan dibandingkan marketing konvensional, diantaranya:

  1. Memudahkan kegiatan pemasaran dan mampu menjangkau customer secara effektif
  2. Biaya iklan yang relatif murah dan scalable
  3. Hasil kampanye digital dapat diukur

Siapa saja bisa memanfaatkan digital marketing

Sebagai salah satu saluran marketing yang paling up-to-date, harusnya dapat dimanfaatkan oleh banyak kalangan dan para pelaku kepentingan seperti:

  1. Personal yang ingin eksis di dunia Digital, seperti blogger, profesional, trainier dan lain-lain
  2. Pelaku bisnis seperti pemilik toko, UKM serta pengusaha yang ingin menjaring customer secara lokal maupun internasional
  3. Pemerintah atau badan otoritas yang ingin berinteraksi dan menjangkau masyarakat luas

Konsep dalam digital marketing

Ketika kita sudah mengambil keputusan untuk menggunakan digital marketing maka dibutuhkan komitmen dan kesiapan untuk beradaptasi dengan kondisi pasar. Beberapa konsep penting dalam menjalankan digital marketing:

1. Harus peka terhadap trends yang ada

Perlu diketahui trends di dunia digital sangat dinamis, dan kita di tunjut untuk peka untuk mengetahui apa yang sedang hangat di bicarakan oleh calon customer kita. Jadi kita harus pandai dalam membaca peluang dan memanfaatkan trend yang ada.

2. Sediakan solusi yang menjawab kebutuhan customer

Pastikan bahwa produk atau jasa yang di tawarkan mampu menjawab kebutuhan dan mempunyai nilai tambah untuk calon customer.

3. Mempunyai target yang jelas

Keberhasilan sebuah kampanye digital tentu berawal dari target yang jelas, artinya target harus didefinisikan secara jelas dan kita harus paham bagaimana behavior mereka dalam berinteraksi di dalam saluran digital

Kategori digital marketing

Berikut ini beberapa kategori yang masuk ke dalam digital marketing adalah sebagai berikut:

1. SEO

SEO atau lengkapnya adalah Search Engine Optimization dimana merupakan usaha untuk mengoptimasi website agar memperoleh peringkat teratas dari mesin pencari berdasarkan target keywords tertentu. Jika kita mempunyai banyak halaman website yang menduduki peringkat teratas dari mesin pencari seperti google, maka semakin mudah website kita ditemukan oleh calon customer kita.

SEO secara umum dibagi menjadi 2, yaitu SEO page dan SEO off page dimana kedua hal tersebut harus dilakukan secara paraler.

SEO onpage

SEO onpage sebenarnya lebih ke technical SEO, yaitu bagaiman kita mengoptimalkan website kita sendiri agar sesuai dengan guidline dari search engine. Beberapa hal yang menjadi considerasi dari search engine diantaranya mobile friendly, konten, ukuran halaman, struktur dan kecepatan website.

SEO offpage

SEO offpage lebih pada usaha bagaimana kita meningkatkan popularitas dari domain website kita. Tentunya website dengan popularitas tinggi akan cenderung lebih mudah mendapatkan pertingkat teratas daripada yang out of know where.

2. Content marketing

Gampangnya konten marketing adalah bagaimana memasarkan produk dengan menggunakan pendistribusian konten pada saluran yang tepat. Selain itu content marketing juga merupakan metode yang paling umum untuk menaikan kesadaran merek (brand awareness). Beberapa macam strategi konten marketing diantaranya.

Blog

Dengan menulis dan mempublikasikan artikel di blog akan sangat membantu untuk mengedukasi calon customer. Selain itu juga sebagai sarana untuk mendapatkan trafif sebanyak mungkin dari berbagai topik yang sedang dibicarakan.

e-book

Sedikit berbeda dengan blog, sering kali e-book digunakan untuk tahapan yang lebih lanjut dalam menjangkau calon pelanggan. Gampangnya, pernahkan teman-teman mendownload sebuah ebook namun harus mengisi biodata terlebih dahulu? Nah itu lah strateginya, jadi kita memberi untuk mendapatkan sesuatu.

Infographics

Sebenarnya infographics mirip dengan blog post, namun dibuat lebih menarik dengan aneka gambar dan ilustrasi. Poin menarik disini adalah dengan infografik akan cenderung untuk memicu viral traffik.

3. Social media marketing

Siapa yang tidak punya dan tidak menggunakan social media dewasa ini? Nah beragam chanel ini tentunya bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk menjangkau calon pelanggan. Beberapa diantaranya:

YouTube

Target calon pelanggan kamu dengan menyediakan aneka konten video seperti reviews dan unboxing dan lain sebagainya.

Facebook

Sudah menjadi social media yang legend, kamu bisa membuat facebook page, atau nimbrung di group-grup facebook untuk menjangkau customer kamu.

Instragam

Sudah tidak asing dengan instagram, kamu bisa membuat story, lalu menambah follower atau bisa juga live untuk menjangkau calon customer kamu. Dan jangan lupa gunakan foto dan menarik

Twitter

Social media sangat populer di luar negeri, meskipun di Indonesia masih mempunya porsi yang cukup besar. Melalui twitter kamu bisa mencari kawan, membuat hastag dan lain-sebagainya.

Linkedin

Berbeda dengan social media lainnya, Linkedin merupakan portal untuk para profesional. Disini adalah tempat yang sangat cocok untuk menjalin relasi dengan suplier, mitra atau calon customer potensial.

4. PPC

PPC atau paid per click adalah sebuah metode untuk mendapatkan kunjungan ke website dengan kita membayar setiap orang yang klik iklan kita melalui publisher. Berikut ini beberapa chanel populer untuk PPC diantaranya:

Google Ads

Melalui platform ini kita bisa mengiklankan aneka produk dan jasa kita ke semua properti milik Google, seperti search engine, google display network, maupun YouTube.

Facebook Ads

Merupakan pesaing utama dari Google Ads, dimana dengan menggunakan Facebook ads kita bisa memasang iklan kita di Facebook, instagram dan jaringan facebook yang lain.

Twitter Ads

Twitter Ads merupakan platform iklan yang disediakan oleh witter dimana kita bisa memasang iklan dalam format promoted Tweet, promoted account serta iklan video

Linkedin Ads

Khusus di platform ini, audincenya memang lebih tersegmen dan paling sering digunakan untuk proses rekrutmen, promosi perusahaan atau lead generation untuk sales force.

5. Email Marketing

Email marketing merupakan bentuk pemasaran dengan saluran email. Dalam prakteknya email marketing bukan hanya dipergunakan untuk mencari user baru, namun kebanyakan dipergunakan untuk meningkatkan retention dari calon pelanggan.

6. Online PR

Konsepnya sama seperti Public Relation (PR) konvensional, bedanya hanya kita akan berkolaborasi dengan jurnalis atau reporter untuk dapat mempublikasikan konten kita di saluran mereka.

7. Influencer Marketing

Gampangnya adalah kita membayar perusahaan atau individu yang populer untuk bisa mempromosikan produk dan jasa kita. Sebenarnya ini merupakan cara yang sangat efektif untuk dapat meningkatkan brand awarness dan penjualan dalam waktu singkat, namun untuk biayanya terbilang tinggi sesuai tinggal popularitas dari influencer yang akan kita pakai.

Ukur efektifitas kampanye digital dengan digital marketing funnel

Berbeda dengan kampanye pada marketing konvensional, segala hal yang ada di kampanye digital itu bisa di ukur. Untuk cara pengukurannya yaitu menggunakan digital marketing funnel, apakah itu?

Sebenarnya konsep digital marketing funnel itu mirip dengan marketing funnel, hanya yang membedakan dalah salurannya saja.

Marketing funnel sebenarnya menjelaskan proses seseorang mulai dari belum tahu sampai melakukan proses pembelian. Untuk penerapannya dalam pemasaran digital, kita sangat mudah untuk mengukur berapa banyak kunjungan iklan, kunjungan halaman serta dari total kunjungan tersebut berapa banyak yang menjadi sales melalui software analytics.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *